Sabtu, 02 Mei 2009

Sapta Kanda Empat

Sapta Kanda Empat
adalah
Akar, Batang, Daun dan Buah Kebudayaan Bali.
Rahayu,
Bali adalah sebuah pulau dengan berbagai pesona. Hal tersebut menimbulkan daya tarik yang luar biasa baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan Bali mengalahkan Indonesia dalam hal ketenaran di Dunia. Banyak orang asing lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Bali di bilang sebagai surga yang ada di dunia.
Banyak yang mengatakan Bali terkenal karena Pantai,Gunung, Danau dan Alamnya. Hal tersebut tidak selamanya salah memang karena alam Bali menjadi sangat terkenal di dunia.Namun tidak bisa dilupakan bahwa Bali secara historis adalah daerah yang hidup dengan tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun menurun.
Hasil budaya yang bisa kita banggakan adalah ritual keagamaan yang luar biasa, menjadikan seni sebagai salah satu suguhan dalam setiap ritualnya. Baik tari, lukisan, ukiran semuanya masih punya nafas kehidupan sampai saat ini.Hal tersebut lebih disebabkan karena seni dan budaya sangat fungsional di Bali artinya budaya dan seni selalu dipakai oleh masyarakat Bali dalam kehidupannya.
Dari semua bentuk seni dan budaya ada jiwa yang di dalamnya mengalir deras yaitu adanya konsep spiritual. Bali yang sebagian besar menjadi pemeluk Hindu sangat atraktif dalam penjiwaannya dalam berhubungan dengan Alam,Manusia maupun dengan Tuhan. Namun Hindu yang ada di Bali adalah sesuatu yang lain dengan apa yang ada di Negeri asalnya yaitu India.Hindu mengalir tanpa menciderai kekuatan yang ada dalam masyarakat itu sendiri,local genius sangat dihargai sehingga menimbulkan warna yang berbeda pada setiap tempat yang dilaluiny.
Ada apa dengan Bali sehingga menarik?, Kenapa Bali berbeda dengan daerah lainya?, Kekuatan local apa yang ada`di Bali? inilah sebagian pertanyaan yang harus`koita cermati bersama.
Yang menarik diBali sebenarnya ada pada titik seni dan budayanya yaitu sebuah kebiasaan tingkah laku masyarakatnya yang berhubungan dengan Tri Hita Karana. Adanya konsep keseimbangan hubungan antara Alam, Manusia, dan Tuhan dengan menempatkan sesuai dengan porsinya. Perbedaan yang mendasar dengan yang lainnya adalah konsep tattwa yang dimilikinya. Kekuatan itu adalah kekuatan local genius berupa budaya,salah satunya adalah Tattwa Sapta Kanda Empat.
Tattwa Sapta Kanda Empat adalah salah satu esensi kenapa masyarakat Bali begitu terkenal di seluruh dunia. Sapta Kanda Empat adalah formula yang di ramu oleh Pan Putu Budiartini sebagai pendiri Dharma Murti. Ini adalah warisan dari para leluhur yang ada di Bali. Memang Banyak versi tentang Kanda Empat itu sendiri tapi disini telah diramu sehingga bisa ditemukan seperti saat ini.Dahulu orang sangat enggan membicarakan hal ini karena dianggap tabu dan dianggap kekiri kirian atau black magic. Namun hal tersebut lama-kelamaan mulai terkikis karena pemahaman yang semakin meningkat di masyarakat. (berlanjut)

6 komentar:

  1. Sapta Kanda Pat adalah Akar,batang,daun dan buah kebudayaan Bali, inilah konsep dasar Organisasi Penghayat Tuhan Yang maha Esa , adalah tujuh kanda atau tutur tentang hakekat kehidupan meliputi :

    1. Kanda Pat Bhuta
    2. Kanda Pat Rare
    3. Kanda Pat Nyama
    4. Kanda Pat Dewa
    5. Kanda Pat Subiksa
    6. Kanda Pat Sari
    7. Kanda Pat Moksa
    mohon penjelasan

    BalasHapus
  2. Saya bergabung dengan Dharma Murti 1996, tapi saya sangat kesulitan untuk mendapat buku lengkap Sapta Kanda Pat. Saya mengenal Dharma Murti langsung dari alm Pan Putu Budihartini. Ada yang punya buku tsb lengkap? berapa harga? konfirmasi ke saya via email darmayana1977@gmail.com

    BalasHapus
  3. Om, Suasti astu, saya anggota Dharma Murthi dari Mataram NTB saya bergabung diperguruan ini dari Tahun 1999 diPacupati langsung oleh Bapak Pini Sepuh Pan Putu Budihartini (almarhum), saya menginginkan latihan diMataram NTB diaktifkan kembali karena sampai saat ini kami jarang ada latihan-latihan, terimakasih,,,Om,Canti,Canti,Canti,Om.

    BalasHapus
  4. Om swasty astu
    Tiang ingin mengenal Dharma Murti. Mohon petunjuk.serta bimbingan.

    BalasHapus
  5. Sy senang dengan informasi ini. Mohon petunjuk nomor kontak atau email untuk mengetahui lebih lanjut ttg Dharma Murti. Suksma.

    BalasHapus
  6. Om,suasthi asthu, Rahajeng wengi sareng sami,dumogi sami rahayu,ampure titiang dumun tiang polih belajar dari buku niki/Darma Murthi sareng sawitran tiang ring gianyar,tahun 1999,dari tiang belajar buku darma Murthi niki, tiang memahi arti kehidupan sehari-hari,nike sampun suwe,buku nike ical,mangkin tiang nunas petunjuk ring dije wenten sane ngadol buku darma Murthi,icenin tiang petunjuk,ampure Yaning tiang iwang/nulis tiang anak seng maan sekolah,susksem atur titiang ring pengurus Darma Murthi,Om Santhi, Santhi, Santhi,Om 🙏

    BalasHapus